Rabu, 17 Juni 2015

Asyiknya Menabung di Bank BCA, ada Gebyar Hadiahnya juga

Assalamu 'alaikum
Hidup ini adalah pilihan, entah mau kaya, miskin, atau sederhana saja, semua sudah pasti tergantung pada keputusan kita sendiri. Keinginan dan kebutuhan yang ingin dicapai akan selalu memerlukan usaha dan kerja keras maksimal. Kita mau shoping di mall, minimarket, membayar biaya sekolah, menyicil rumah idaman, kendaraan pribadi, travelling, ataupun melakukan perjalanan ibadah pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun siapa yang dapat menyangka kalo esok hari atau mungkin saja detik ini kita mengalami musibah yang tak terduga, seperti kecelakaan lalu lintas atau kebakaran, maka salah satu yang akan terlintas dipikiran kita adalah biaya pengobatan yang kita punya tidak mencukupi untuk jangka panjang sampai menjalani proses pemulihan kondisi tubuh, jika toh mencukupi, otomatis biaya-biaya hidup yang lain akan turut terkena imbasnya. Maka yang terjadi adalah kita merasa menyesal karena tidak peduli dengan bekal masa depan, tidak menabung secara rutin, dan hanya memiliki satu sumber nafkah yang tidak memadai. 

Terkadang saya pun berpikir demikian, berapa banyak biaya yang akan saya keluarkan nantinya dalam perhari, perbulan hingga pertahun dengan gaji yang minim, tidak tetap, dan memaksa diri untuk berhutang pada kerabat yang mapan. Karena tidak ingin menyesal dikemudian hari, memetik hikmah dari pengalaman orang lain yang tidak berpikir jauh untuk berhemat, maka saya pun mulai menyiasati kehidupan ini dengan lebih cerdik menyisihkan sedikit uang yang saya hasilkan dari tempat bekerja. 


Iya, saya harus berkomitmen untuk menabung dari titik nol. Kebiasaan menabung ini sebenarnya sudah saya kenal dan pernah melakukannya sejak usia SD dulu. Walau hanya dengan uang recehan yang dimasukkan kedalam celengan yang terbuat dari tanah liat, saya tumbuh kembang menjadi anak yang pandai alhamdulillah bisa berhemat, berkecukupan dan mandiri. Hampir tidak pernah saya meminta uang jajan kepada mama di rumah, tidak merengek dan tidak memaksa. Hal demikian saya sadari hingga beranjak dewasa sekarang ini, ternyata menabung dicelengan yang pernah saya lakukan itu otomatis melatih kejiwaan dan pola pikiran saya untuk jauh lebih mengerti terhadap kondisi keluarga, mengantisipasi masa dimana saya berada dititik kesulitan dalam hal perekonimian, siap mental menghadapi tantangan masa depan yang semakin bersaing, tidak meminta-minta atau mengharap berlebihan kepada kerabat dan orang lain, dan semakin bersyukur dengan kehidupan hari ini. 
Sekilas, aktivitas menabung itu sudah sangat familiar ditelinga kita. Semua orang serta merta merasa gampang dan enteng, tapi sangat sulit untuk memulainya dan mempertahankan komitmen menabung itu sendiri. Kenapa? tentu saja karena kehidupan kita selalu dihiasi dengan beragam tampilan merk produk yang menggiurkan, berjejer rapi di stand terdepan memamerkan harga nominal yang sedang diskon, murah meriah, dan topstyle. Saya juga termasuk orang yang gemar shoping dan biasa melakukan transaksi. 
Hari gini masih pake celengan? Yup, celengan nggak pernah mati dan tenggelam ditengah-tengah perkembangan zaman. Tapi selagi kecanggihan teknologi terus berinovasi memberikan pelayanan terbaiknya kepada custoumer, maka tidak ada salahnya juga kita mencoba dan memanfaatkan momen berharga ini seperti menabung di bank yang memahami kebutuhan dan mengatur finansial kita sekeluarga. 

Tidak terdengar asing ditelinga kita lagi jika mendengar Bank BCA yang penih kejutan gebyarnya. Sebelumnya yang saya tahu, bahwa bank BCA ini hanya melayani calon nasabah yang berkelas tinggi saja, tapi ternyata tidak. Saya selalu merasa minder tatkala mau melewati gedung cabang BCA di kota Makassar. Tapi demi melakukan transaksi kepada seorang teman penulis buku, maka mau tidak mau saya harus ke bank BCA untuk mentransfer sejumlah uang yang telah ditentukan. 
Masih hangat diingatan saya, tahun pertengahan tahun 2014 yang lalu, saya memang terbilang aktif dimedia sosial, berinteraksi dengan emak-emak blogger, non-blogger, para media onlineshop, dan penulis buku lainnya. Iya, saya suka memantau timeline facebook dan twitter hanya untuk mencari buku baru yang mereka terbitkan, buku atau novel yang bernuansa keluarga dan motivasi. Karena tak ada waktu luang ke toko buku, maka saya lebih memilih bertransaksi saja di sosmed, nominal harga buku saya kemudian saya transfer ke nomor rekening BCA yang disodorkan kepada saya lewat inbox facebook. 

Ketika saya menginjakkan kaki di bank BCA kali pertama, kesannya sangat elit, mewah, profesional, adem, ramah, nyaman, dan cepat. Saya pikir pelayanan yang diberikan pak satpam dipintu masuk, sama halnya apa yang dilakukan pak satpam pada umumnya ditempat lain. Tidak ada yang meyusahkan, mempersulit urusan, apalagi memasang ekspresi kecut ketika melihat penampilan saya yang serba pas-pasan ala rakyat biasa. Ketika saya kebingungan mungkin karena katrok banget barusan masuk gedung mewah, pak satpam bank BCA sigap tanggap langsung menawarkan bantuannya, menjawab pertanyaan saya dengan santun, dan tidak pelit senyum pastinya. Jika dari pelayanan pak satpam saja saya merasa nyaman, maka sudah pasti saya meras betah dan tenang untuk meneruskan urusan saya ke pegawai teller. Pelayanannya tidak kalah saing, malah lebih maksimal, tidak bertele-tele, cepat bergerak, ramah, dan tersenyum manis. Saya baru menyadari bahwa mereka bekerja sangat profesional, tidak memandang bulu tamu nasabahnya yang berdatangan, siapa saja dilayani dengan adil dan bijaksana. Wow, kapan-kapan mau nabung beneran di BCA. Saya membatin sambil keluar meninggalkan bank. 

Yeeaayyy, setelah transfer uang buku, kiriman saya pun tiba di rumah sekitar tiga hari kemudian. Andai saja saya punya ATM BCA mungkin jauh lebih praktik kalo saya transfer via mobile banking. Ah, yang jelas semua urusan lancar, tidak ada masalah, dan memuaskan.

Kemarin, 15 Juni 2015, dengan uang pas-pasan saya mendatangi bank BCA Cabang Panakukkang di Makassar. Hitung-hitung mumpung lagi dapat kerjaan baru sebagai pengajar disalah satu sekolah swasta di Makassar, saya pengen buka rekening juga. Saya pikir pasti akan jauh lebih aman dan bermanfaat untuk menyisihkan sebagian daripada gaji bulanan saya nanti. 


Setelah menunggu beberapa menit menunggu panggilan sesuai nomor antrian, saya pun mengutarakan niat untuk membuka rekening kepada pegawai terkait. Sebelumnya sempat kaget, karena pegawai tersebut langsung menjelaskan kepada saya bahwa untuk membuka rekening baru, saldo pertama yang akan dimasukkan adalah minimal lima ratus ribu rupiah. Duh, piye ini mak? Boro-boro bawa uang sebanyak itu, ini saja saya baru diterima kerja, belum gajian lebih tepatnya. Didompet hanya ada tujuh puluh lima ribu rupiah, gimana ini pak? Setelah menjelaskan satu persatu produk, Alhamdulillah, masih ada dua produk yang memberi kesempatan untuk orang pas-pasan seperti saya untuk membuka rekening dengan saldo awal lima puluh ribu rupiah, yaitu Tahapan Xpresi BCA plus dua belas ribu rupiah untuk biaya materai pada lembar tanda tangan akad antara nasabah dan bank BCA. 
 

Cukup memperlihatkan kartu identitas diri atau KTP, menjelaskan latarbelakang privasi, termasuk pekerjaan, dan penghasilan bulanan, tanda tangan...tanda tangan... tanda tangan... dan tanda tangan lagi... selesai deh. 

Uniknya nih, saya ditawarkan untuk memilih sendiri gambar profile untuk kartu ATM yang bakalan saya miliki. Pilihan saya jatuh pada tema travelling yang bernuansa alam laut. Kartu ATM Xpresi yang benar-benar mencerminkan karakter kita seperti apa walaupun saya tidak begitu suka dengan aktivitas travelling, tapi setidaknya saya bisa memotivasi diri sendiri untuk berkomitmen menabung kala melihat ATM ini. 
Kekurangan pada kepemilikan ATM Xpresi BCA ini adalah saya tidak memiliki buku tabungan dan tidak bisa melakukan transaksi langsung ke pihak bank lain. Kalo ditransferkan dari bank lain sih bisa aja gitu. 


Setoran awal yang telah saya serahkan sebesar lima puluh ribu rupiah, ternyata didalamnya sudah termasuk biaya pembuatan kartu sebesar dua puluh lima ribu rupiah, dikenakan biaya administrasi lima ribu per bulan dan saldo minimum ditahan sepuluh ribu rupiah. E-banking nya adalah ATM BCA, Debit BCA, Tunai BCA, KlikBCA, KlikPay, dan m-BCA. Dan terakhir pelayanan buka rekening Xpresi BCA ini hanya tersedia di kantor cabang BCA tertentu, termasuk di cabang Panakukkang di Makassar. 



Saat mau buka rekening, seorang karyawan lain datang menghampiri saya sambil menunggu panggilan nomr antrian, beliau menawarkan saya untuk ikut berpartisipasi Augmented Reality dan Gebyar Tahapan BCA yang tengah berlangsung dalam beberpa pekan kedepan. Awalnya sih tidak begitu tertarik, tapi karena daripada bete' menunggu, tidak ada  salahnya kalo saya mencobanya juga. Yup, saya dimintai nama, nomor hape, email, dan akun sosmed. Diarahkan untuk duduk di kursi mobil, sambil nyetir, dan siap untuk difoto. Wah, asek juga nih, kali pertama saya naek Mercy editan. haha. 

Foto kemudian dicetak satu lembar, diberikan gratis ke saya, trus dicatat lagi untuk beneran ikutan lomba ini, hadiahnya kece banget, yakni Xiomai Redmi 2 dan Samsung S6. Mumpung foto gratis, ikutan gratis, dan mupeng banget sama gadgetnya. Setahun terakhir ini saya memang lagi mengincar hadiah gadget dari berbagai lomba dan kuis di sosmed. Moga kali ini rejeki deh. Aaamiin. 

Informasi yang lebih lengkap untuk mendapatkan hadiah gadget ini coba buka link disini 


Bagi kamu yang mau ikutan, yuk buruan datang ke kantor cabang di kota tempatmu tinggal, ikutan foto, trus upload foto di akun sosmed milikmu. Disana bakalan dijelasin deh gimana tahap selanjutnya. Selain itu, Gebyar Tahapan BCA juga tak pernah berhenti memberikan kejutan bahagianya untuk para nasabah yang aktif menabung, hadiahnya utamanya Mercy kayak gini nih yang saya kendarai via foto. Pokoknya banyak banget kejutan lainnya yang menguntungkan nasabah BCA. [AAF]
Makassar, 17 Juni 2015

89 komentar:

  1. Saya juga termasuk nasabah BCA, saya suka dengan pelayanannya, keramahan dan kecepatannya dalam melayani nasabah..
    Btw seru juga ya bisa difoto, udah lama ga kebank, hihihi jadi pengen difoto :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya nih, suka banget sama pelayananannya BCA, ayuuk buruan ke BCA ajak kerabatnya foto bareng :)

      Hapus
  2. Mohon diunpublish dulu Mbak, lalu draftnya kirim ke email saya ya untuk diapprove terlebih dahulu ke BCA. Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap pak, segera di unpublish :)

      Hapus
  3. Wah.. sudah nyoba wahana AR juga ya mba. Sama dong. Hihihi berasa naik mercedes beneran ya mba ^_^

    Salam kenal ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha asek bener nih, berasa mimpi, salam kenal juga ya mbak :) makasi

      Hapus
  4. mau buka tabungan di bank BCA juga ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah gitu mbak. biar makin kekinian dengan BCA :D

      Hapus
    2. @Ratna yuk mari, praktis dan memuaskan banget lho
      @Clara haha rame-rame ke BCA ... :D

      Hapus
  5. Untung sudah punya tabungan BCA :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha antara tuntutan dan kebutuhan kalee :D makasi daeng

      Hapus
  6. asiknyaa kalau bisa dapat tahan bca, moga nyangkut namaku taun ini hihihi,,salam kenal mbaa, aku dedew makassar juga tp tinggal di semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, moga beruntung kita ya mbak :)) salam kenal kapan-kapan kita koodar ya, yuk nabung di BCA lagi

      Hapus
  7. Semangat banget ...
    Semoga dapet hadiahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe peluangnya besar, semangat teruss yuk ikutan juga :))

      Hapus
  8. Aku juga nasabah lama...dulu itu pertimbangannya karena jaringan yg luas dan pelayanannya memuaskan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, nasabah sejati ternyata ya mak :) pertimbangan yang tidak merugikan makasi ya mak

      Hapus
  9. Pecahkan saja celengannya biar rame.. hahaha. Iyah emang lebih praktis nabung di Tahapan Xpresi BCA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha sudah pecah tuh, sini rebutan recehannya :D yuk nabung lagi di Xpresi BCA

      Hapus
  10. Celengan oh celengan, nasibmu kini gimana Leng? hihi
    Nabung di BCA sekarang makin gampang ya Mak, apalagi potongan Tahapan Xpresi cuma 50 rebu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha celengan sedang mencari nasib mak :)
      cucok banget tuk orang yang pas-pasan, Xpresi BCA solusinya :D ayo nabuuuung

      Hapus
  11. Celengan tanah liatnya uniik. Untuk recehan tetep tabung di celengan, dana darurat kalo pengen beli cireng yang lewat depan rumah hihihi. Tapi kalo udah banyak setorin ke BCA yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahaha...bayangin celengannya dipecahin lagi :D emang harus nyetor ke BCA.. makasi ya mak

      Hapus
  12. Iya ya .. asyiknya kita bisa memilih sendiri kartunya. Saya juga baru ngeh ternyata bisa setoran awalnya Rp. 50.000 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kejutannya luar biasa bikin seneng nasabah kayak kita :D

      Hapus
    2. Padahal bisa pilih foto kita ternyata ya. Saya liat ada yang posting pake fotonya, keren tawwa :D

      Hapus
    3. heheh harus itu kak niar, biar jadi bukti dan semangat ikutan eventnya :D

      Hapus
  13. dari nabung di celengan, trus nabung di BCA, banyak untungnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe semua bertahap pastinya mak :) makasi ya

      Hapus
  14. Wah serunya banyak para blogger keren mengharap menang, yang penting ngikutin hepi deh ya mbak Aida :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha saya mah butuh banget gadgetnya mbak, makasi ya dukungannya

      Hapus
  15. baru tahu ada tabungan Xpresi dari BCA dengan setoran pertama cuma 50 ribu rupiah saja pula! artikelnya keren mak.. semoga menang yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, ternyata banyak yang baru tau produk Xpresi BCA ini, yuk nabung juga makasi do'anya yach

      Hapus
  16. Saya paling suka tabungan Tahapan Xpresinya soanya setorannya murah dan potongan adminnya tak ribet. Yang paling seru juga saat foto bareng2 di wahana AR.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha emang paling suka yang murah meriah yaaa :D

      Hapus
  17. wahhhhh dapet foto banyak nih mba nya di AR, awalnya eksklusif gitu sendirian, terus ada yang rame2 pulaaa. asoyyy mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe demam Mercy editan gratis pula

      Hapus
  18. Waaaa.. Foto di dalam mercedez nya lucu bangeeet..

    Kebetulan belum ada rekening BCA nih. Musti segera ke BCA kalau gituuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayoo buruan mbak,,mumpung foto gratis, dapat hadiahnya juga nanti

      Hapus
  19. didoakan semoga dapet ya mbak, aamiin. sayang di Boogor gak ada mesinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, makasi banya ya mbak, moga periode selanjutnya, Bogor kebagian jatah :)

      Hapus
  20. Nanti kita ke bogor jemput evrina pake MERCY ya...??? xixixiii

    BalasHapus
  21. Wah ternyata abis dari BCA PAnakukkang juga, nda ketemu kita. Saya juga abis foto-foto naik mercy di sana :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih? aah yuk ke sana lagi, kita ketemuan yaa... gimana? foto bareng juga gitu :))

      Hapus
  22. mbaaaak itu celengan tanahliatnya jd keinget jaman kecil dulu bgt yaaa. skrg tinggal naikkin saldo poin mana poin hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa.. kangen sama celengan masa kecil gituan... haha saldoku manaaa :)

      Hapus
  23. aku dulu nabungnya di celengan semar, sekarang di BCA aja, dapat hadiah pula :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran dapat hadiah? aah mau nabung yang banyak kalo gituuu :D

      Hapus
  24. Wow, biaya admnya cuma 5 ribuan aja? Asik banget ya, mbak. Semoga sukses dan lancar dengan tempat kerja barunya ya, mbak Aida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe bener banget,, ayuuk nabung di BCA juga seru banget lho ada hadiahnya juga

      Hapus
  25. Ya ampun celengan klasik itu ngingetin sama kecil T.T
    Saya juga nabung di BCA. Semoga sama-sama dapat hadiah ya, Mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe celengennya emang sangat berkesan yaaa... pada terharu semua. tambah semangat nabung diBCA hadiahnya itu lhoo makasi do'anya mbak

      Hapus
  26. jadi tertarik buat tabungan di bank BCA nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoooo, banyak untung dan kejutannya... BCA gitu lhooo... hehe

      Hapus
  27. saya jadi nasabah sdh 10 tahun lebih,
    sekarang makin cinta dan percaya sama bca....naahh tinggal nunggu hadiahnya nih hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuiiishh hebatttt 10 tahun mak? masya Allah... tambah semangat nih mau nabung sama BCA.. saya baru pertama kali nih... heheeh hadiahnya pengeeeennn

      Hapus
  28. Nabung, sekalian dapat hadiah? Siapa nolak ya :)

    BalasHapus
  29. mau juga donk naik mercinya...

    BalasHapus
  30. Deh kak saya paling susah menabung >.< huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ada kemauan pasti bisa, yuk semangat hehe

      Hapus
  31. Saya bukan nasabh bca mbak, tapi denger2 banyak yg bilang bca kasih kemudahan. Mungkin lain waktu saya coba. Eah, ada ya saldo 50rb bisa buka tabungan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ayoooo langsung nabung, mudah dan bersahabt banget kok :)

      Hapus
  32. di bulan yang penuh berkah ini semoga hadiahnya ada yang nyangkut ya.....aamiin....

    jangan lupa kunjungi ni ya http://wp.me/p1stuU-4u

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiin, do'a yang sama untukmu juga kawan, makasi yaa

      Hapus
  33. Wahhh... mau nulis komen ini antriannya panjang banget... jadi lupa tadi mo komen apa ya aku?

    Btw terus tau rekening koran kita gimana tuh kalo gak punya buku tabungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe... iya jadi bingung juga saya mak,,, nanya sama BCA dulu yuk :)

      Hapus
  34. Sumpaaah, seru pake banget!!
    Ternyata asyik ya jadi nasabah BCA, beneran buanyaaaak untungnya, hehehehe............
    Semoga aja bisa naik mobil Mercy benerannya, aamiiiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiin, kalo beneran dapat Mercy, saya nebeng ya,, haha

      Hapus
  35. aku juga udah nyoba lohhhhh xD

    BalasHapus
  36. Saya belum punya neh... BCA, makasih banyak infonya ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk buka rekening BCA, sama-sama ustadz, semoga berkah :))

      Hapus
  37. baru buka rekening yak
    nah tugas selanjutnya buat ngisi dan perbanyak transaksi dan kupon supaya bisa menang

    salam dari semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya neh, haha pecah celengan dulu, nyetor ke BCA kemudian... :))

      Hapus
  38. AR competition Makassar ramai juga kayaknya, Mbak?
    Semoga dapat Samsungnya ya.

    @nuzululpunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe aamiin udah kalah duluan nih...

      Hapus
  39. Kalo udah punya rekening bca, bisa buka lg ngga dgn nama sama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tapi pake produk lain :) makasi

      Hapus
  40. nabung terus dapet hadiah ok juga tuh

    BalasHapus
  41. Semoga sukses kak Aida.. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah aaamiin, makasi kaka :))

      Hapus