Kamis, 28 Agustus 2014

Inovasi Penerbitan Al-Qur'an yang Tak Lekang oleh Waktu

Assalamu 'Alaikum ...

Hasil survey Institut Ilmu Alquran (IIA) Jakarta menyatakan bahwa ada sekitar 65 % umat Islam di Indonesia tidak bisa membaca Al-Quran alias buta aksara Al-Quran. Hal itu terungkap dari banyak faktor yang menyebabkan hal demikian terjadi, kemungkinan besar karena faktor malu, lingkungan, kesibukan, ataupun sistem pengajarannya yang rumit. Salah satu solusi tepat yang cocok untuk memberantas buta aksara Al-Qur'an, maka dilakukanlah pencetakan dan penerbitan Al-Qur'an besar-besaran yang beragam variasinya mulai dari Mushaf Qur'an, Al-Qur'an Terjemahan plus Tajwid, Al-Qur'an Braile, hingga Al-Qur'an Digital, dan lain sebagainya. Ukuran, pewarnaan, dan khat tulisannya pun menjadi pertimbangan utamanya.

Sebelum jauh melangkah, mari sama-sama menelusuri seperti apa sih jejak awal dari pencetakan Al-Qur'an di beberapa negara maju, lalu bagaimana perkembangan dari penerbitan Al-Qur'an itu sendiri di jaman yang semakin modern ini? Nah, setelah itu teman-teman pasti punya tanggapan sendiri mengenai Al-Qur'an macam apa yang paling dibutuhkan saat ini untuk meningkatkan semangat ibadah kita kepada Allah swt. Yuk, belajar Al-Qur'an, berbagi manfaat, bukan menggurui. :)) 

Langkah awal pencetakan Al-Qur'an
 
Al-Qur'an Besar Era 80-an Milik Pribadi
Ketika di Inggris terjadi revolusi industri pada abad ke 16 M dan mesin cetak ditemukan dan telah dimodifikasi serta diperbanyak, maka Al-Qur’an mulai diterbitkan secara massal. Al-Qur’an pertama kali dicetak pada tahun 1964 di Hamburg, Jerman. Naskah tersebut dilengkapi dengan tanda baca. Kemudian umat Islam mulai menggunakan mesin cetak untuk menerbitkan Al-Qur’an yang pertama kali diterbitkan di St. Pitersburg, Rusia, pada tahun 1787 M dan dikenal dengan Mushaf Malay Usman. 

Cetakan Al-Qur’an yang banyak digunakan oleh umat Islam pada masa sekarang adalah cetakan Mesir yang dikenal dengan edisi Raja Fuad, selaku pelopor dan pencetus ide penerbitan Al-Qur’an secara massal dan dikirim ke seluruh dunia. Edisi ini ditulis berdasarkan Qira’at ‘Ashim riwayat Hafsah yang dicetak pertama kali pada tahun 1344 H/1925 M.

Pada tahun 1947 M, Al-Qur’an pertama kali dicetak dengan menggunakan teknik desain huruf-huruf yang indah dan teknik cetak offset yang canggih atas usulan seorang ahli kaligrafi terkemuka di Turki yang bernama Syaikh Badiuz Zaman Said An-Nursi.

Penerbitan Al-Qur'an, IKAPI Jabar, dan Syaamil Qur'an 

Sama halnya dengan buku-buku umum lainnya, buku-buku yang bertema keagamaan pun kian banyak membanjiri pusat pertokoan buku di seluruh nusantara ini. Khusus untuk buku-buku agama Islam, produksi pencetakan dan penerbitannya tak pernah berhenti karena permintaan pasar yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Disekolah-sekolah maupun untuk kalangan masyarakat umum, buku-buku agama memang selalu dinanti-nantikan karena suatu kebutuhan dan tuntutan.
“Saya yakin buku agama itu gak akan pernah mati, sampai kapanpun. Karena dibutuhkan, karena kehidupan sehari-hari masyarakat beragama. Apalagi mayoritas agama masyarakat kita Islam. Otomatis itu merupakan potensi yang sangat luar biasa,” ujar Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat, Anwarudin, yang ditemui dalam peringatan Hari Buku Nasional 2013 tingkat Kota Bandung di Balaikota, Jalan Wastukencana 2, (Minggu, 2/6)
Lain buku agama, lain pula Al-Qur'an. Walaupun dua kategori tersebut tak terpisahkan, namun Al-Qur'an tetap menjadi pilihan nomor satu yang paling banyak diminati umat Islam di seluruh belahan dunia ini. Al-Qur'an merupakan Kitab Suci Umat Islam yang sangat dianjurkan untuk membacanya walau hanya satu huruf saja karena menuai dua pahala kebaikan yang dijanjikan Allah swt. Membaca, mendengar, menelaah, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi kewajiban bagi kita agar memperoleh kebaikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. 

Ya, tak seperti pada masa lampau, Al-Qur'an masa kini sangat mudah ditemukan dimana dan kapanpun kita berada. Al-Qur'an tak lagi dicetak hanya pada satu model dan tampilan monoton saja. Jaman kini telah berubah, ilmu pengetahuan dan kecanggihan teknologi semakin menunjukkan kebolehannya dalam menciptakan satu inovasi sederhana menuju inovasi terbaru dan elegan. 

Maka tak mengherankan apabila banyak penerbit-penerbit yang mulai gencar bersaing untuk menampilkan karya terbaiknya dalam memodifikasi sampul, konten, khat tulisan, dan konten pengetahuan umum Al-Qur'an tanpa merubah isi Al-Qur'an, menambah atau mengurangi jumlah surah, ayat, apalagi juz dari Al-Quran itu sendiri. 

Hal senada dituturkan kembali oleh Anwarudin selaku ketua IKAPI Jabar mengenai perkembangan penerbitan Al-Qur'an berikut ini:
"Dalam satu tahun, lebih dari 100 ribu eksemplar Al-Qur'an terbit. Itu dari satu model. Ada ratusan model loh. Bisa dibayangkan berapa yang diterbitkan.” tanyanya. “Dulu, Yaasin satu kali cetak 100 ribu seminggu habis. Sekarang banyak penerbit yang menerbitkan Yaasin. Sangat luar biasa buku agama itu. Semakin mantap beragama, semakin dibutuhkan bukunya,” (Anwarudin, Ketua IKAPI Jabar, 2013)

Persembahan Inovasi Terbaru Syaamil Qur'an

Syaamil Qur'an merupakan salah satu penerbit buku dan Al-Qur'an yang tak asing lagi ditelinga kita dalam mengemban amanah agama untuk terus melahirkan inovasi-inovasi terbarunya yang sehat, praktis, dan bermutu demi memenuhi permintaan masyarakat luas. 

Paket Miracle Family Smile ini merupakan kumpulan model dan tampilan yang disediakan Syaamil Qur'an sebagai pembuktian bahwa Al-Qur'an semakin diminati untuk dipelajari bagi siapa saja, mulai dari anak-anak usia dini, remaja, orang dewasa, laki-laki maupun pria, semuanya diperuntukkan hanya dalam satu paket menarik, praktis, dan terlengkap. Mudah  dan ringan dibawa kemana-mana dan kapan saja. 



Dalam satu paket tersedia:
  1. Al-Quran e-Pen 2 in 1 Paket Family (e-Pen Smile). 
  2. 2 in 1 terdiri dari 2 mushaf al-Quran yang luar biasa, yaitu : Al-Quran Syaamil For Kids My First Al-Quran dan Syamil Miracle 22 in 1. Keduanya memiliki banyak kelebihan daripada mushaf al-Quran pada umumnya. 
  3. Dengan  tambahan suplemen seperti buku metode Asy-Syaamil, juz amma, buku atlas dakwah + al-ma’surat, mp3 card, tas miracle, headset, charger, DVD metode baca Quran Syabana, dan lain-lain.

 Mushaf Al-Qur’an New Miracle The Reference



Sebuah paket Al-Qur’an yang memberi panduan hidup terlengkap dan praktis karena mencakup 66 konten dalam 1 paket Al-Qur’an. Selain mengandung 22 keunggulan konten Miracle the Reference yang sebelumnya telah ada, paket ini dilengkapi lagi dengan 44 Bonus penuh manfaat dalam bentuk DVD, CD audio book, dan buku tambahan. 

 Al-Qur'an Hijaz




Al-Qur’an Hijaz ini dilengkapi dengan beberapa konten pendukung seperti transliterasi latin, tajwid, dan terjemah perkata. Banyak konten lengkap yang tersedia dalam Al-Qur'an Hijaz ini, yaitu:
  1. Khat Tajwid Vector Rasm Usmani 
  2. Standard Kementerian Agama RI 
  3. Tashih Kementerian Agama RI 
  4. Ayat Pojok 
  5. Transliterasi  
  6. Fhadilah Ayat 
  7. Keutamaan Surah
Belajar Tajwid dengan Al-Qur’an Bukhara



Sebagaimana yang diketahui bersama, bahwa sangat dianjurkan bagi kita untuk membaca Al-Qur’an dengan tartil, yakni membacanya dengan mengucapkan lafadz huruf-hurf hijaiyah yang baik dan benar sesuai hukum bacaan yang telah ditentukan pakar ulama besar. Dalam hal ini, Syaamil Qur’an mempersembahkan Al-Qur’an Bukhara dengan ukuran A5 yang dilengkapi dengan pewarnaan tajwid. Khat tulisannya yang besar dan enak dibaca, sehingga memudahkan keluarga kita untuk mempelajari Al-Qur’an beserta dengan tajwidnya.

Kandungan kontennya pun beragam dan sangat lengkap, yaitu: 
  1. Khat Rasm Usmani 
  2. Standard Kementerian Agama RI  
  3. Tashih Kementerian Agama RI 
  4. Ayat Pojok  
  5. Asbabun Nuzul 
  6. Hadits Shahih 
  7. Intisari Ayat  
  8. Panduan Tajwid 
  9. Indeks Tematik
Qur'an Azalia



Kesan feminin Qur'an Azalia memang sengaja diperuntukkan khusus kaum muslimah. Sampul berbentuk tas cantik, elegan, berwarna tentus saja menambah kenyamanan dan keindahannya untuk dibawa kemana saja.

Al-Qur'an dalam Satu Genggaman Generasi Qur'ani 
Menurut hasil riset yang ditemukan oleh Rachman bahwa “Media Quran non cetak yang diminati bentuk media Quran yang paling diminati adalah Video/murotal (34%), berturut-turut adalah Ebook (26%), aplikasi HP (18%),  aplikasi berbasis PC (11%), aplikasi di smartphone/tablet (6.5%),aplikasi berbasis digital on-dan line (4%)”, ujar Rachman.
Pernyataan tersebut diatas disebutkan pada suatu acara pertemuan Simposium MUI yang dilaksanakan pada Jum'at tertanggal 13 Juni 2014 dua bulan yang lalu di Jakarta Pusat. Pada kesempatan yang berkah ini, Sygma Creative Media Corp (Sygma CMC) mengenalkan produk terbaru Syaamil Digital kepada peserta yang hadir. Syaamil Digital adalah produk kreatif islami dengan varian Syaamil Note dan Syaamil Tabz. 

“Syaamil Digital hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim Indonesia dalam mempermudah dan panduan dalam beribadah.” (M. Kh. Rachman, Direktur Marketing Sygma CMC, 2014)




Banyak sekali keuntungan yang dapat dirasakan tatkala Al-Qur'an semakin berjaya dari masa ke masa. Kemudahan demi kemudahan untuk mempelajari Al-Qur'an pun semakin luas dan lapang berkat pertologan dan petunjuk terbaik dari Allah swt melalui Syaamil Qur'an. 

Perkenalkan, Syaamil Note...

Sebuah  Smartphone Islami terlengkap dari Sygma CMC. Dalam aktivitas yang menuntut mobilitas serba cepat, umat muslim membutuhkan teknologi yang memberi kemudahan dalam mendapatkan panduan menjalani ibadah dan dakwah.

Menyikapi hal tersebut, Sygma Creative Media Corporation (Sygma CMC) sebagai perusahaan penerbit Al-Qur'an yang juga bergerak di industri kreatif, melahirkan produk terbarunya, yakni Syaamil Note, Smartphone android yang didalamnya dilengkapi aplikasi built in Islami paling lengkap.

Dibawah ini adalah spesifikasi dan Built in Applications dari Syaamil Note bagi teman-teman yang ingin memilikinya segera:

Spsesifikasi Syaamil Note:

  • Dual SIM GSM: 850/900/1800 MHz
  • 3G/WCDMA: 850/2100 MHz
  • Android 4.2.2 Jelly Bean, Quad-Core 1.3 GHz
  • 1 GB RAM, 4GB Storage, MicroSD External
  • 8 MP Primary Camera 3264 x 2448 pixel
  • VGA Secondary Camera, Display IPS QHD
  • Ultra Clear Screen, 2000 mAh Battery
  • Free: Flip Cover & Screen Protector
  • BBM Ready
  • Browser , Calculator, Camera, Clock, Calender, Media Player, E-Book Reader, Video, Email, plus bundling syaamil tabz application.
  • Free external memory 8 GB
 Built-in Applications Syaamil Note:
  1. Quran Miracle The Practice
  2. Tafsir Ibnu Katsir 30 Juz
  3. Aplikasi Haji dan Umrah
  4. E-Book “Pustaka Sains Populer Islami”
  5. Game A Ba Ta
  6. Syaamil Quran Terjemah per Kata
  7. Ibadah Muslim Kosmopolitan
    8. My First Question and Answer
    9. E Book “It’s My World”
    10. E Book lainnya 

     Yuk, kenalan juga sama Syaamil Tabz ...
Nah, kalo Syaamil Tabz ini lebih cenderung membantu teman-teman beraktivitas dalam menjalani ibadah dan dakwah. Tuntutan hidup dan lingkungan yang serba canggih dan modern, tak jarang membuat kita harus mencari alternatif serba cepat dan mudah agar apa yang ditelah direncanakan dan ditargetkan dapat tercapai dengan baik dan lancar. 

Syaamil Tabz hadir dengan tampilan yang unik, elegan, dan menarik hanya dalam sekali klik, maka seluruh konten dapat diakses cepat dan mudah. 

Ini dia spesifikasi dari Syaamil Tabz:

  • B Tab, 4,7 Inci Multi Touch Screen
  • Harga Rp 2.150.000
  • Android 4.1 Jelly Bean, Dual-Core 1.2 GHz, 512 MB RAM,
  • Internal Memory 4GB, Front Digital Camera, 2 MP Back Camera,
  • Display IPS 7” 1024 x 600, Capacitive Touch Panel,
  • Network GSM/3G/EDGE/GPRS, Wi­ 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0,
  • Up to 32 GB External Memory, 3500 mAh Battery
  • BBM Ready
  • Browser , Calculator, Camera, Clock, Calender,
  • Media Player, E-Book Reader, Video, Email, plus bundling syaamil tabz application.
Keunggulan lainnya dapat dilihat pada Built-in apps sebuah Syaamil Tabz dibawah ini: 
  1.  Quran Miracle The Practice
  2.  Tafsir Ibnu Katsir 30 Juz 
  3. Aplikasi Haji dan Umrah 
  4. E Book “Pustaka Sains Populer Islami”  
  5. Game A Ba Ta  
  6. Syaamil Quran Terjemah per Kata  
  7. Ibadah Muslim Tafsir Ibnu Kosmopolitan  
  8. My First Question and Answer  
  9. E Book “It’s My World”  
  10. E Book lainnya  
  11. Dapat bonus berupa Video animasi, asyiiiik....
Itulah ragam Al-Qur'an yang menurut saya sangat dibutuhkan masyarakat awam baik yang sudah fasih maupun yang masih dalam tahap pemula. Setelah lama berpikir-pikir, Al-Qur'an macam apa lagikah  yang belum ada di Indonesia saat ini? Hem, sepertinya Al-Qur'an yang bisa membantu kita untuk menghafal sekaligus mendeteksi secara otomatis sejauh mana hafalan yang sudah kita hafalkan.

Akhir kata, mari kita mengucap syukur Alhamdulillah, karena Al-Qur'an telah melakukan banyak perubahan di dunia ini untuk menerangi jalan hidup bagi manusia yang beriman kepada Allah swt. Semoga dengan kehadiran ragam bentuk Al-Qur'an yang unik, menarik, dan terlengkap hanya dalam satu genggaman dan sekali klik, kita dapat menjalankan ibadah dan dakwah secara istiqomah semata-mata mengharap ridho Allah swt.
Referensi :
  1.  http://seanochan.wordpress.com/2013/04/19/penerbitan-al-quran/
  2. http://syaamilquran.com/ketua-ikapi-jabar-penerbitan-al-quran-dan-buku-islami-tidak-akan-pernah-mati.html
  3. http://syaamilquran.com/sygma-cmc-ikuti-simposium-mui.html

 Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Blog #PameranBukuBdg2014 bersama IKAPI JABAR dan Syaamil Qur'an 

http://syaamilquran.com/lomba-blog-pameranbukubdg2014-bersama-ikapi-jabar-dan-syaamil-quran.html

=======
Artikel #3
Makassar, 28 Agustus 2014

12 komentar:

  1. Ya... Al-Quran turut mmengikuti perkembangan zaman.
    Selama isinya tidak diubah2 tentunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuu, Al-Qur'an semakin beragam jenis dan tampilannya, tapi tetap terjaga kandungan isinya sepanjang zaman :D Makasi telah berkunjung kaka :D

      Hapus
  2. Waaah... uraian tentang produk Syaamil Qurannya lengkap, sukses yah Mbak. Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa,,, makasih banyak ya mak sudah berkunjung salam kenal kembali :D Alhamdulillah, Syaamil Quran memang kereeen.... pengen punya Syaamil Tabznya :))

      Hapus
  3. Sekarang ini beragam Al-Quran banyak ditetbitkan ya Mak... Selain itu ada yg vetsi digital lg... Sangat menunjang beribadah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak Rita, betul sekali, hadirnya ragam Al-Qur'an inovasi terbaru, urusan ibadah kita menjadi jauh lebih mudah, dan lancar :)) makasi atas kunjungannya, ya.

      Hapus
  4. Pengen punya yang family... biar bisa belajar qur'an bareng anak di rumah... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee semoga ada rejekinya untuk segera belanja Syaamil Qur'an for Family ya mbak Irma :D aaamiin. Kalau saya sih pengen banget punya tablet Tabz nya :)) makasi sdh berkunjung

      Hapus
  5. wah...lengkap banget mbak penjelasannya,,,moga menang mbak,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, makasi banyak ya mak :)) hehhee Alhamdulillah

      Hapus
  6. semoga dengan inovasi ini, orang yang buta aksara alquran dapat terbantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaamiin ya rabbal'alamin, mari berdo'a sama-sama, yang buta aksara pasti dan harus bisa terbantu ya mak Eva :)) makasi sudah berkunjung

      Hapus