Minggu, 31 Agustus 2014

"Selektif Membeli Buku dan Memilih Penerbit"


Asyiknya membaca koleksi buku pribadi (doc.pribadi)
Assalamu 'Alaikum Readers ... 

Sabtu, 30 Agustus 2014

Peran IKAPI dalam Mengemban Dunia Baca Tulis

Assalamu 'Alaikum ...

Sudah delapan bulan terakhir ini saya aktif ngeblog dan mengikuti aneka kuis, giveaway, dan blog kontes yang diadakan langsung oleh perusahaan di Indonesia dan teman-teman penulis di media sosial. Saya juga bergabung dengan komunitas blogger yang memang hampir seluruh anggotanya aktif di dunia tulis menulis. Bahkan ada juga yang merangkap menggeluti usaha mandiri bidang penerbitan buku. Selain untuk mencari tambahan penghasilan, setidaknya  banyak diantara teman-teman penulis yang sejak lama bermimpi ingin tulisannya dimuat di sebuah majalah atau media cetak,  mendapat kesempatan naskah tulisannya segera dibukukan lalu diterbitkan.

Kamis, 28 Agustus 2014

Inovasi Penerbitan Al-Qur'an yang Tak Lekang oleh Waktu

Assalamu 'Alaikum ...

Hasil survey Institut Ilmu Alquran (IIA) Jakarta menyatakan bahwa ada sekitar 65 % umat Islam di Indonesia tidak bisa membaca Al-Quran alias buta aksara Al-Quran. Hal itu terungkap dari banyak faktor yang menyebabkan hal demikian terjadi, kemungkinan besar karena faktor malu, lingkungan, kesibukan, ataupun sistem pengajarannya yang rumit. Salah satu solusi tepat yang cocok untuk memberantas buta aksara Al-Qur'an, maka dilakukanlah pencetakan dan penerbitan Al-Qur'an besar-besaran yang beragam variasinya mulai dari Mushaf Qur'an, Al-Qur'an Terjemahan plus Tajwid, Al-Qur'an Braile, hingga Al-Qur'an Digital, dan lain sebagainya. Ukuran, pewarnaan, dan khat tulisannya pun menjadi pertimbangan utamanya.

Rabu, 27 Agustus 2014

Perkembangan Buku Anak-Anak dari Masa ke Masa

Buku Cerita Anak Milik Sendiri (Doc. Pribadi)
"Horeee... Ade Aida dibeliin Mama buku Dongeng" 
"Nah, karena Ade sudah punya buku Dongeng, besok-besok sekolahnya tambah rajin, ya, Nak. Ngajinya juga harus tiap hari, dan uang jajannyaaa... ditambahin nggak yaaa... hehehe :D"

Selasa, 26 Agustus 2014

Gara-Gara Pemeran Buku, Saya Jadi "Kutu Buku"

"Aku senantiasa memadukan kegiatan membaca dan menulis. Buku-buku yang kubaca jadi lebih mudah kuingat karena aku menuliskan pemahamanku" (Hernowo)

Senin, 25 Agustus 2014

Belajar Bahasa Turki #6




Jumat, 22 Agustus 2014

Belajar Bahasa Turki #5


Belajar Bahasa Turki #4



Senin, 26 Mei 2014

Sabtu, 17 Mei 2014

"Cara Terpadu Mengobati dan Mencegah TB Resistan Obat"


Batuk-batuk, demam tinggi, keringat pada malam hari, penurunan berat badan, dan selalu merasa kelelahan adalah pertanda bahwa seseorang tersebut sedang terkena gejala penyakit TB biasa yang berkembang menjadi TB Resistan Obat dan TB MDR (Multi Drug Resistant Tuberculosis).

Senin, 31 Maret 2014

Blogger Peduli Lingkungan: Hemat Listrik Mulai Dari Diri Sendiri

Sumber; google images
Ayah: "Nak, sebelum tidur, matikan lampunya yah..."

Mama: "Nak, kalau dah nonton tv, selesai pake setrika, matikan listriknya ya, colokan kabelnya di cabut..."

Kakak: "Dek, sebelum berangkat kerja, jangan lupa periksa semua listrik didalam kamarmu, ya. Jangan biarkan satu pun aliran listrik yang menyala sepanjang hari...."
Sumber: google images
Itulah sederet peringatan yang hampir tiap hari terngiang-ngiang ditelingaku dari orangtua dan saudara yang kerapkali mengingatkan saya untuk berhemat energi setiap detiknya. Jangan lupa Matikan Listriknya...!. Gunakan listrik seperlunya saja...!

Minggu, 30 Maret 2014

Bapak, Patriotku Dalam Nasehat Suci

Alhamdulillah, Tulisan ini terpilih menjadi Pemenang GA Sang Patriot bersama 29 Pemenang lainnya. Klik di sini untuk melihat pengumumannya. Makasih banyak semuanya atas do'a dan supportnya.... :) 
ini hadiahnya :
 
Bicara tentang patriot, bukan berarti hari ini adalah untuk memperingati Hari Pahlawan. Tapi saya menuliskannya untuk mengungkapkan segala rasa yang terpendam sejak lama dalam sanubari ini. Beliau bukan siapa-siapa yang wajib untuk disanjung dan dipuja sebagaimana pahlawan pada umumnya.

Senin, 24 Maret 2014

Blogger Dengan Dua Status : Usaha dan Do'a

Alhamdulillah, Tulisan ini menjadi bagian dari pemenang bersama 4 pemenang lainnya. Pengumuman klik di sini. Ini hadiahnya: pulsa 20ribu dan buku

Ada GA unik dan menarik nih, pagi-pagi udah baca pengumumannya di wall facebook. Yang aku suka adalah Pakdhe ngadain Kuis dan GA sederhana setiap minggunya selalu diumumkan sehari sebelum GA berlangsung. Dan jeda waktu yang diberikan pun hanya dalam hitungan jam, maximal 10 jam-an. Kuis dan GA dibuka dan ditutup pada hari itu juga. Yah, tergantung Pakdhe-nya aja, beliau kan Juragannya. hehehe, hak beliau mau buka tutup GA nya kapan aja.

Selasa, 11 Maret 2014

Belajar Bahasa Turki {Part 2}

Mari Belajar Bahasa Turki - Türkçe Öğrenelim

Taşıt Aracı
Angkutan Umum

İstasyon'a kaç numara otobüs gider ?
Bus nomor berapa yang ke stasiun ?

Merkez'e bir otobüs var mı ? (“var mı” dibaca: war ma ?)
Apakah ada bus ke pusat (kota)?

Üç numaralı otobüs buradan geçer mi ? (“numaralı” dibaca: numaraleu)
Apakah bus nomor tiga lewat sini ?

Otobüs durağı nerededir? (“durağı” dibaca: dura’eu)
Halte bus di mana ?

Üsküdar’a giden otobüs nerede durur ?
Bus yang ke Üsküdar berhenti dimana ?

Metro ile gideceğim. (dibaca: metro ile gideje'im)
Saya mau pergi (kesana) menggunakan metro/angkutan bawah tanah.

Medan’a bir gidiş bileti lütfen!
Tolong satu tiket ke Medan.

Jumat, 07 Maret 2014

Belajar Bahasa Turki {Part 1}

Sri Zehra Ddc
Şimdiki zaman = saat ini
Rumus = Subjek (ben,sen ,o, biz, siz, onlar) + kata kerja (tanpa mak/mek) + (ı/i/u/ü) + yor + keterangan subjek (ben,sen ,o, biz, siz, onlar)

Contoh: gelmek = (Ben) gel+ i+ yor+ um = geliyorum

Dihafalkan dan dibuatkan kalimat şimdiki zamannya.
Selamat mencoba !

Waktu saat ini = jam ini Karina Aliefiani = badan (saya, Anda, dia, kami, Anda, mereka) + kata kerja (tanpa mak/mek) + (ı/i/u/u) +... + lebih lanjut datang badan (saya, Anda, dia, kami, Anda, mereka) (I) + Contoh: datang = I + saya + um = dibuatkan dari menunjuk Dihafalkan kalimat kini zamannya.
Selamat mencoba! (Diterjemahkan oleh Bing)
 
KATA KERJA

Dalam bahasa Turki sangat mudah untuk mengenali mana yang kata kerja dan mana yang bukan, bila kata tersebut berakhiran dengan mek/mak maka bisa dipastikan 99% bahwa kata tersebut adalah kata kerja, akan tetapi tetap saja ada beberapa yang bukan merupakan kata kerja.
Kata-kata kerja ini tidak bisa langsung dipakai dalam kalimat seperti yang ada pada bahasa Indonesia, mereka harus mendapat imbuhan terlebih dahulu, sebelum mendapat imbuhan mereka harus berbentuk sebagai Fiil terlebih dahulu.
Fiil ini sendiri adalah kata kerja yang sudah tidak ada imbuhan mek/mak-nya atau bisa disebut juga sebagai kata dasar dalam kata kerja.

Minggu, 26 Januari 2014

Bahagia itu Ketika Kita Menjadi Diri Sendiri

Dimana-mana yang namanya bahagia itu pasti definisinya senang dan berbunga-bunga. Tapi untuk mendapatkan rasa bahagia tak bisa dibeli dengan nominal uang atau materi lainnya. Segudang berlian dan mutiara pun tak tertandingi dengan nilai tinggi dari si bahagia ini. Sejatinya, bahagia tercipta dari pola hidup, akhlak, sikap, perkataan yang baik dan memberi manfaat bagi si pemiliknya secara universal.