Jumat, 22 Agustus 2014

Belajar Bahasa Turki #5


İlk göruşme / Tanışma, Tanıstırma
Pertemuan pertama / Perkenalan, Memperkenalkan

Adınız ne? / Adınız nedir?
Siapa nama Anda

Siz Hasan Bey misiniz ?
Apakah Anda Bapak Hasan ?

Soyadınız nedir ?
Apa nama belakang Anda ?

Adım Ahmet
Nama saya Ahmet

Nerelisiniz ?
Anda Berasal dari mana ?

Türkiye’denim (Türkiye + den + im)
Saya dari Turki

Endonezyalı mısınız ?
Apakah Anda orang Indonesia ?

Evet, ben Endonezyalıyım (dibaca: ewet ben Endonezyaleuyeum)
Betul, saya orang Indonesia

Hayır, ben Endonezya değilim
Bukan, saya bukan orang Indonesia

Kaç yaşındasınız ? (dibaca: Kac yaseundaseuneuz)
Berapa usia Anda?

30 yaşındayım (dibaca: ötuz yaseundayeum)
Umur saya 30 tahun.

Ne iş yaparsınız ? / İşimiz nedir ?
Apa pekerjaan Anda ?

Ben öğrenciyim/ doktorum/ öğretmenim/işçiyim/ev hanımıyım
Saya pelajar/ dokter / guru / buruh / ibu rumah tangga

Burada mı oturuyorsunuz ?
Apakah Anda tinggal disini ?

Ankara’da oturuyorum
Saya tinggal di Ankara

Evli misiniz ?
Apakah Anda sudah menikah ?

Evet evliyim
Ya, saya sudah menikah.

Henüz değil, hala bekarım.
Belum, saya masih bujangan.

Çocuğunuz var mı ? (dibaca: coju’unuz varma?)
Apakah Anda sudah memiliki anak?

Bir oğlum ve iki kızım var.
Saya memiliki 1 anak laki-laki dan 2 anak perempuan.

Hasan adında bir oğlum var (dibaca; Hasan adeunda bir o’lum war)
Saya mempunyai anak laki-laki bernama Hasan

Çocuğum yok (dibaca; coju’um yok)
Saya tidak mempunyai anak.

Eşim ev hanımıdır (dibaca; eshim ew haneumeudeur)
İstri saya seorang ibu rumah tangga.

Eşim doktordur.
Suami saya seorang dokter.

Kardeşiniz var mı ? (dibaca; kardesiniz war ma? )
Apakah Anda mempunyai saudara?

Bir abim bir ablam ve bir bacım var.
Saya memiliki satu kakak laki-laki, satu kakak perempuan dan satu adik perempuan.

Teşekkür ederim
Terima kasih

Çok teşekkür ederim
Terima kasih banyak

Bir şey değil
Sama-sama (İt's nothing)

Her şey için teşekkür ederim
Terimakasih untuk segalanya (thank you for everything)

Aldırma / boşver / önemli değil
Biar saja / jangan dipikirkan / tidak apa-apa

Özür dilerim / affedersiniz / kusura bakma
Mohon maaf

Önemli değil
Tidak apa-apa

Rahatsız ettiğin için özür dilerim
Maaf saya mengganggu (kenyamanan) Anda

Bana bir elma verir misiniz, lütfen?
Tolong, bisakah Anda memberi saya sebuah apel?

Lütfen bana yolu gösterir misiniz?
Tolong, bisakah Anda menunjukkan jalanya kepada saya?

Müze’yi gösterir misiniz?
Bisakah Anda menunjukkan museum?

Kapı’yı kapatır mısınız, lütfen ?
Tolong, bisakah Anda menutup pintu itu ?

Bana yardım eder misiniz?
Apakah Anda bisa menolong (kpd) saya ?

Ne istiyorsunuz ?
Apa yang Anda inginkan?

Bir kilo şeker istiyorum.
Saya minta satu kilo gula.

Hiçbir şey istemiyorum.
Saya tidak menginginkan apa-apa (sesuatu).

Size bir soru sorabilir miyim?
Bolehkan saya menanyakan sesuatu kepada Anda?

Su ister misiniz ? (…..ister misiniz ?)
Apakah Anda mau air putih ? (Apakah Anda mau…… ?)

Telefon edebilir miyim ?
Bisakah (bolehkah) saya menelpon ?


================================================






Tidak ada komentar:

Posting Komentar